Bhakti LIPI Untuk Pembangunan Kawasan Timur Indonesia, Kasus Wilayah Perbatasan Nusa Tenggara Timur (40 tahun LIPI berperan serta dalam pengembangan Iptek)

Sebagai lembaga riset dalam lingkungan Pemerintah Republik Indonesia (RI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tidak hanya memiliki tanggung jawab kepada dunia ilmu pengetahuan dan masyarakat semata, melainkan juga kepada pemangku kepentingan (stakeholder). Sehubungan dengan tanggung jawab tersebut, sejak tahun 1988 LIPI telah melakukan kegiatan di NTT melalui “Program Pengembangan Wilayah”. Program ini merupakan penugasan khusus dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Program Pengembangan Wilayah bertujuan untuk menggali, mengembangkan dan mendayagunakan potensi sumber daya di daerah melalui penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang tepat guna sesuai dengan kebutuhan daerah setempat.

Kerusuhan massal antara Kelompok Pro-Kemerdekaan dan Kelompok Pro-Otonomi Khusus bagi Provinsi Timor Timur pada tahun 1991 membawa imbas yang cukup parah terhadap penduduk Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Belu. Rasa empati terhadap penderitaan saudara kita di wilayah perbatasan layak ditumbuhkan dengan mengimplementasikan pengalaman dan hasil LIPI dalam melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan iptek di NTT. Diharapkan implementasi pengalaman dan hasil tersebut akan bermanfaat untuk membantu masyarakat dan pemerintah daerah di wilayah perbatasan NTT.

Dalam upaya mempertajam fokus programnya, pada tahun 2003 LIPI mengembangkan Program Kompetitif. Dalam proses pengembangan program ini “isu wilayah perbatasan” mengemuka yang kemudian diangkat menjadi salah satu topik sub program dalam Program Kompetitif LIPI tersebut. Pertimbangannya adalah bahwa pembangunan wilayah perbatasan secara umum masih merupakan daerah yang relatif tertinggal dibandingkan dengan daerah lain. Disisi lain, wilayah perbatasan merupakan halaman depan negara sehingga keberadaaannya mutlak perlu diperhatikan.


Penulis : -
Editor : Akmadi Abbas, Badji Rudjianto, Sriharti, Elok W. Hidayat, Agusto W.M., Yanu Endar Prasetyo
ISBN : 978-979-799-240-8
No. Klasifikasi : 338.927
Subyek Klasifikasi : 1. Nusa Tenggara Timur. 2. Implementasi Teknologi. 3. Teknologi Tepat Guna
Kolasi : xx; 175hlm; 14,8x21cm
Tahun Penerbitan : 2008
Penerbit : LIPI PRESS

Satker: B2PTTG
This entry was posted in Buku Ilmiah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>